Tips Wisata Kuliner Hemat.

Tips Wisata Kuliner Hemat.

Tips Wisata Kuliner Hemat-Langkah awal untuk menikmati beragam kuliner tetapi masih dalam anggaran yang sesuai adalah perencanaan yang tepat.

Tentunya sebuah kota memiliki kuliner khas yang tersebar di beberapa restoran. Jumlah restoran di sebuah kota pun tidak sedikit, ada yang ratusan hingga ribuan restoran.

Oleh karena itu, sebelum Anda mengunjungi kota tersebut, sebaiknya Anda menyusun restoran mana saja yang ingin Anda kunjungi, baik itu berdasarkan popularitas, jarak atau harga makanan.

 Tips Wisata Kuliner Hemat.

Tips Wisata Kuliner Hemat.

#1 Punya Budget Setiap Keberangkatan

Sebelum Anda berlibur, pastikan Anda memiliki anggaran untuk setiap pengeluaran, misalnya anggaran untuk transportasi, anggaran untuk konsumsi atau anggaran untuk tempat penginapan.

Anggaran ini biasanya berupa estimasi pengeluaran yang Anda butuhkan dan sanggup untuk Anda belanjakan untuk masing-masing keperluan.

Setelah Anda memiliki anggaran, sebaiknya Anda menggunakan anggaran tersebut sebaik-baiknya.

Misalnya, Anda memiliki sejumlah uang untuk keperluan kuliner, maka alokasikan dengan baik berapa yang harus Anda habiskan untuk makan di restoran mana yang dapat Anda habiskan untuk membeli cemilan khas dan sebagainya.

Menggunakan anggaran sebaik-baiknya juga sangat mempengaruhi pengeluaran Anda.

Tips Wisata Kuliner Hemat.

#2 Cek Review & Buat Bucket list

Tentunya memiliki anggaran yang terbatas tidak berarti Anda tidak dapat mencoba kuliner khas dengan puas. Pada saat merencanakan restoran kunjungan Anda, cek review restoran tersebut melalui aplikasi restoran-restoran seperti TripAdvisor atau Zomato.

Agar Anda tidak kecewa, carilah restoran dengan review yang banyak. Semakin banyak review menunjukkan semakin banyak orang yang telah mencoba restoran tersebut. Apalagi jika kebanyakan memberikan review baik, maka restoran tersebut pantas dikunjungi.

Anda juga dapat melihat foto makanan yang sering dipesan oleh tamu yang datang, kemungkinan besar makanan tersebut adalah makanan khas restoran tersebut atau makanan yang paling enak di restoran tersebut.

Daripada Anda melihat review untuk ribuan restoran, maka sebaiknya Anda menyusun bucket list, restoran apa saja yang akan Anda kunjungi.

Setelah menyusun bucket list restoran, maka selanjutnya Anda harus menyusun bucket list menu yang akan dipesan. Dengan rencana yang telah tersusun rapi, Anda dapat memperkirakan pengeluaran serta anggaran yang harus Anda sediakan.

#3 Cek Harga Terlebih Dahulu

Mengetahui harga makanan sebelum mengunjungi restoran dapat membantu Anda menghemat anggaran. Tentu waktu Anda akan habis berpindah-pindah restoran hanya karena harga makanannya di luar budget Anda.

Tips Wisata Kuliner Hemat.

Dengan mengecek harga makanan terlebih dahulu, Anda dapat memilih restoran yang harga makanannya tidak terlalu mahal dan Anda dapat dengan leluasa menikmati makanan tersebut.

Anda dapat mengecek harga makanan melalui aplikasi Go-Food atau melalui aplikasi Zomato dimana terdapat menu makanan lengkap dengan harganya.

Carilah alternatif harga yang lebih murah, misalnya 1 mangkok ronde jahe di restoran tentu harganya lebih murah dibandingkan di pinggir jalan atau rumahan. Carilah tempat yang menawarkan makanan yang sama dengan harga yang lebih murah.

 Tips Wisata Kuliner Hemat, Jogloparisewu
Tips Wisata Kuliner Hemat, Jogloparisewu

#4 Berburu Diskon

Jangan gengsi mengikuti program diskon untuk menghemat pengeluaran Anda ketika berlibur kuliner. Kecanggihan teknologi telah memudahkan Anda untuk mengakses media sosial seperti Instagram, Facebook atau Twitter dari mana saja.

Kebanyakan restoran atau tempat makan akan menggunakan media sosial untuk mempromosikan bisnis mereka. Dari sosial media tersebut, Anda dapat mencari promosi atau potongan harga untuk menghemat biaya Anda.

Jangan lupa untuk follow Instagram atau Facebook daerah tersebut, mungkin saja terdapat diskon yang diadakan oleh daerah setempat.

Tidak hanya melalui media sosial, Anda pun dapat mencari promosi melalui pembayaran dengan sistem online payment.

Baca Juga : Tips Memilih lokasi liburan yang berkesan untuk keluarga

Tips Wisata Kuliner Hemat.

Karena masih berkembang, seringkali penyedia fasilitas online payment akan memberikan potongan kepada customer apabila Anda menggunakan fasilitas tersebut.

#5 Bawa Air Minum

Ketika Anda menyantap makanan, pastinya Anda juga membutuhkan minuman. Tentunya bagi Anda pecinta kuliner, tahu bahwa makanan dapat dinikmati keaslian rasanya jika disantap dengan ditemani air putih.

Walaupun minuman hanya berkisar antara Rp5.000 sampai dengan Rp25.000 per gelasnya, Anda dapat menghemat hampir setengahnya jika membeli air minum di minimarket dibandingkan di restoran.

Misalnya, 1 botol air mineral yang dijual di minimarket seharga Rp2.000 dapat dijual di restoran dengan harga Rp5.000. Walaupun kecil, tetapi jika dikumpulkan, jumlahnya tentu akan cukup besar.

Tetapi ingat, sebelum Anda membawa air minum sendiri, perhatikan peraturan restoran, karena beberapa restoran ada yang melarang Anda membawa minuman atau makanan dari luar.

#6 Jangan Malas Mencari Informasi

Mencari informasi mengenai kuliner khas kota tujuan Anda dapat sangat membantu Anda menghemat waktu dan biaya. Anda juga dapat merencanakan perjalanan Anda sehingga setiap waktu dan biaya yang Anda miliki dapat dipakai dengan maksimal.

Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencari informasi mengenai lokasi, harga, dan menu makanan yang harus dicoba sebelum Anda mengunjungi tempat tersebut.

Leave your comment

Please enter your name.
Please enter comment.